Naskah Akademik Program Studi PGMI STAI TARUNA Surabaya

Berita Terkini

A. VISI
“Menjadi Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar/Madrasah yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi Berdasarkan Budi Pekerti Islami”
 
B. MISI

  1. Mengembangkan ilmu pendidikan dasar/ibtiidaiyah secara teoritis dan praktis.
  2. Meningkatkan profesionalisme bidang pendidikan dasar/ibtidaiyah melalui sistem dan teknologi yang mutakhir.
  3. Meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian berasasskan akhlaqul karimah.

 
C.TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana di bidang pendidikan dasar/ibtidaiyah yang memiliki keluasan dan integritas keilmuan yang tinggi dengan tetap berpegang pada kemajuan teknologi dan kedalaman spiritual.
  2. Mencetak guru madrasah ibtidaiyah yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi.
  3. Mencetak guru kelas yang berkompetens dalam bidang pendidikan dasar/ibtidaiyah baik secara teori maupun praktik.
  4. Menghasilkan guru madrasah ibtidaiyah yang mampu melakukan riset sehingga menjadi pribadi yang berkompeten dalam menentukan arah kebijakan bidang pendidikand asar/ibtidaiyah.
  5. Menghasilkan guru madrasah ibtidaiyah yang mampu mengaktualisasikan diri di tenagh masyarakat dalam wujud pengabdian

 
D. PROFIL LULUSAN & DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

PROFIL DESKRIPSI PROFIL
 
Pendidik Guru Kelas MI/SD dan sederajat yang memiliki 4 kompetensi, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
Konsultan
Pendidikan Anak
Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi, dan arahan di bidang pendidikan dasar pada anak MI/SD
 
Edupraneur Wirausahawan dalam pendidikan dasar, dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi anak MI/SD

 
E. PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROFIL DAN DESKRPSI PROFIL   CAPAIAN PEMBELAJARAN KHUSUS
 
  KETRAMPILAN/KEMAMPUAN KERJA KHUSUS PENGETAHUAN KHUSUS
Pendidik PAI Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial, dan pedagogik
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  a)    Mampu mengembangkan kurikulum mata pelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.
b)    Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sebagai Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD)
c)    Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD)
d)    Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat
e)    Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum
f)        Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran bidang Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) secara tepat serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran
g)    Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD).
h)    Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati
i)      Mampu menganalisis Sejarah Kebudayaan Islam sebagai refleksi kebudayaan Islam yang Rahmatan lil Alamin di Masa Kini
j)      Mampu memahami strategi mendidik anak berkebutuhan khusus.
k)    Mampu memahami praktek dan nilai-nilai kepramukaan
1.    Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi
2.       Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah scara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja
3.    Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja
4.       Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahan intelktual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas aademik dan non akaademik
5.    Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil alamin.
6.    Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigm keilmuan.
7.    Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
8.    Memberikan layanan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
9.    Memfasilitasi pengembangan potensi bidang Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI peserta didik secara optimal
10. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
11. Menguasai konsep, instrumental, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
12. Menguasai teori belajar dan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
13. Memilih secara adekuat pendekatan dan modelpembelajaran, bahan ajar, penilaian untuk kepentingan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesiia pada jenjang SD/MI.
14. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
15. Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI
16. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
17. Melakukan pendalaman bdang kajian Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI sesuai dengan lingkungan dan perkembangan zaman.
18. Menguasai teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahaa Indonesia pada jenjang SD/MI.
19. Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
20. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur dan pola pikir keilmuan Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI
21. Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI yang kreatif dan inovatif
22. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
23.  
Konsultan Pendidikan Anak, Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi, dan arahan di bidang pendidikan dasar pada anak MI/SD
 
  a)    Mampu menerapkan strategi mendidik anak berkebutuhan khusus.
b)    Mampu mendampingi siswa SD/MI yang memiliki kesulitan belajar dalam hal pembelajaran.
c)    Mampu mendampingi dan mengarahkan siswa SD/MI berbakat dalam hal pembelajaran.
d)    Menerapkan konseling individu dan kelompok dengan memanfaatkan berbagai instrumen
 
 
1.       Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahan intelktual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas aademik dan non akaademik.
2.       Menguasai konsep, instrumental, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI.
 

 
 

Edupreneur
Wirausahawan dalam pendidikan dasar, dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi anak MI/SD
  a)      Memiliki keterampilan manajemen berbasis sekolah.
b)      Memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai produk dan media pembelajaran.
c)      Memiliki keterampilan manajemen, pemasaran, dan kewirausahaan.
d)     Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD)
 
1.    Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, professional, local, nasional, dan global.
2.    Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI yang kreatif dan inovatif.