Profil lulusan PAI

Berita Terkini

erangkat dari profil sarjana yang diharapkan baik oleh peraturan perundangan pemerintah Indonesia, Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam No 114 tahun 2005 maupun hasil analisa kebutuhan PTAIS di STAI Taruna Surabaya, maka STAI Taruna Surabaya merumuskan kompetensi lulusan yang kemudian dikelompokkan dalam kompetensi dasar, kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. 

1.      Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kompetensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa sebagai dasar bagi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya : a.       Menguasai ilmu tentang Islam serta mampu menerapkannya di masyarakat dan dalam menjalankan profesinya sebagai guru di MTS/SMP, MA/SMA. b.      Menguasai general knowledge untuk menunjang profesi guru di MTS/SMP, MA/SMA. c.       Sarjana Muslim yang beriman, takwa, dan akhlak mulia. d.      Beragama, memiliki rasa kebanggaan, kebhinekaan, demokratis, dan rasa solidaritas sosial. e.       Mencintai ilmu pengetahuan, cinta kebenaran, rasional, kritis, obyektif, menghargai pendapat orang lain. f.       Kemandirian, integral, keterbukaan dan kebebasan

2. Kompetensi Utama Kompetensi Utama adalah kompetensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa sesudah menyelesaikan pendidikannya di suatu Prodi tertentu : a.       Menguasai karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial – budaya dalam mata pelajaran di MTS/SMP, MA/SMA. b.      Memahami kemampuan awal peserta didik usia menengah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS/SMP, MA/SMA. c.       Memahami kesulitan peserta belajar usia sekolah menengah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS/SMP, MA/SMA. d.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS/SMP, MA/SMA. e.       Menguasai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan tehnik pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS/SMP, MA/SMA. f.       Memahami pendekatan pembelajaran tematik di MTS/SMP, MA/SMA. g.      Menguasai tahap-tahap dan prosedur dalam pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS/SMP, MA/SMA. h.      Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, dan di lapangan. i.        Menyusun perencanaan pembelajaran. j.        Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di Laboratorium. k.      Melaksanakan pembelajaran di sekolah. l.        Melaksanakan pembelajaran out bond yang mendidik. m.    Mengembangkan media pembelajaran di MTS/SMP, MA/SMA. n.      Memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran o.      Mengelola kelas yang dapat mendorong peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka untuk mencapai prestasi belajar secara optimal. p.      Memiliki ketrampilan berkomunikasi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *